Membuat Karangan Deskripsi & Penggunaan Frasa Sifat

Karangan Deskripsi

Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sebuah objek secara rinci (detail) dilengkapi dengan ilustrasi sedemikian rupa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan mengamati sendiri objek yang diceritakan.

Berikut contoh-contoh Paragraf Deskripsi dari berbagai pola:

  • Pola Sudut Pandang

Desya, teman satu kelas saya di kelas akselerasi. Desya adalah gadis yang sangat manis, dengan kulit putih dan bersih. Tinggi badannya yang ideal untuk remaja SMA. Desya memiliki ciri khas dari suaranya yang menurut saya agak nyaring. Selain, itu, di kala ia tersenyum, gigi bagian atasnya terlihat dan terdapat dua lesung pipi.

  • Pola Spacial

Tempat favorit saya di rumah adalah kamar saya. Kamar saya terletak di lantai dua rumah saya. Ukurannya kira-kira 5×3 m dan tingginginya sekitar 4m. kamarku bercat hijau muda, karena menurutku warna hijau muda dapat menyejukan jiwa. Terdapat jendela persegi panjang yang cukup untuk memberikan penyinaran bagi kamarku. Di sebelah barat pintu, terdapat kasur dengan boneka Doraemon, Angry Birds, dan Nemo yang ukurannya cukup besar. Di samping kiri kasur terdapat meja kecil yang hanya digunakan sebagai tempat untuk mencharger Hp dan laptop. Di sudut kiri kamarku, terdapat almari pakaian. Di sebelah utara almari terdapat televise yang wajib saya tonton setiap harinya. Di samping televise terdapat cermin. Kamar saya beralaskan lantai berwarna biru langit dan atap putih bersih

  • Pola Observasi

Berdasarkan Sensus Penduduk Penduduk 2010, jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 237,6 juta jiwa atau bertambah 32,5 juta jiwa sejak tahun 2000. Artinya, setiap tahun selama periode 2000-2010, jumlah penduduk bertambah 3,25 juta jiwa. Jika dialokasikan ke setiap bulan maka setiap bulannya penduduk Indonesia bertambah sebanyak 270.833 jiwa atau sebesar 0,27 juta jiwa.

  • Pola Fokus

Kanker serviks adalah penyakit yang terjadi pada daerah leher Rahim. Kanker ini 99,7% disebabkan oleh Human Papilloma Virus Onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke oragan-organ lain di seluruh tubuh penderita.

  • Pola Seleksi

Sepak bola adalah olahraga menggunakan satu bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Peraturan pertandingan secara umum diperbarui oleh induk organisasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali. Piala Dunia dimulai tahun 1930 dengan Uruguay sebagai juaranya. Di tahun 2006 dan 2010, Italia dan Spanyol yang bergantian menjadi juara.

Penggunaan Frasa Sifat

Frasa sifat atau frasa adjectival adalah kata yang enduduki satu fungsi (Subjek / Predikat / Objek) dalam satu kalimat yang dipakai untuk mengungkapkan sifat atau keadaan.

Contoh Penggunaan Frasa Sifat:

                Nadia dan Gung Intan adalah murid kelas Akselerasi di SMA N 1 Kuta Utara. Tinggi badan Gung Intan lebih tinggi dari pada Nadia. Gung Intan adalah siswi paling muda di kelas. Gung Intan memiliki sikap yang sangat baik dan juga wajah yang sangat manis.

nahh begitulah contoh dari Paragraf Deskripsi dan Frasa Sifat. Semoga bisa membantu :)

-ANJ-

About these ads
Categories: School life | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 305 other followers

%d bloggers like this: